Nama lengkap Ibnu Khaldun adalah Abu Zayd Abdur Rohman bin Muhammad bin Kholdun al-Hadlramii. Dalam tulisan Arab أبو زيد عبد الرحمن بن محمد بن خلدون الحضرمي. Masa kehidupannya antara 27 Mei 1332 (732 H) - 19 Maret 1406. Lahir di Tunisa dalam sebuah keluarga Andalusia kelas atas keturunan Arab yaitu Bani Khaldun. Kakek dari Bani Khaldun adalah Othman bin Bakr bin Khalid, juga disebut Khaldun. Seorang Arab Yaman yang mengaku keturunan dari salah satu sahabat Nabi Muhammad yaitu Wail bin Hujr. Keluarganya, yang menguasai banyak kantor-kantor penting di Andalusia, kemudian beremigrasi ke Tunisia setelah jatuhnya Seville ke Reconquista pada tahun 1248.
Sosial Sosiologi

ibnu khaldun

Karya Besar

Dia terkenal karena bukunya, Muqaddimah ("Pendahuluan" atau Prolegomena dalam bahasa Yunani). Buku ini mempengaruhi sejarawan Ottoman abad ke-17 seperti Haji Khalifa dan Mustafa Naima yang menggunakan teori dalam buku tersebut untuk menganalisis pertumbuhan dan penurunan Kekaisaran Ottoman. Sarjana Eropa abad ke-19 juga mengakui pentingnya buku tersebut dan menganggap Ibn Khaldun sebagai salah satu filsuf terbesar dari Abad Pertengahan.

Biografi

Kehidupan Ibnu Khaldun dalam otobiografi-nya yang terkenal (التعريف بابن خلدون ورحلته غربا وشرقا) di mana berbagai dokumen tentang hidupnya yang dikutip kata demi kata. Seorang Penulis Sejarah dan Sejarawan dari kalangan umat Islam, dan menjadi salah satu pendiri Ilmu Sosial Modern, Historiografi, Demografi dan Ekonomi.

Dikenal dengan nama "Ibn Khaldun", lahir di Tunisia pada tahun 1332 (732H) dalam sebuah keluarga Andalusia kelas atas keturunan Arab, leluhur keluarganya adalah Arab Yaman yang berbagi kekerabatan dengan Wail bin Hujr, pendamping Nabi Muhammad SAW. Keluarganya, yang banyak menjabat di kantor besar Andalusia, telah beremigrasi ke Tunisia setelah jatuhnya Seville ke Reconquista pada tahun 1248. Di bawah dinasti Tunisia Hafsid beberapa keluarganya menduduki jabatan politik; namun, Ayah dan kakek Ibn Khaldun menarik diri dari kehidupan politik. Saudaranya, Yahya Khaldun, juga seorang sejarawan yang menulis buku tentang dinasti Abdalwadid, dan yang dibunuh oleh saingan untuk menjadi penulis sejarah resmi Istana.

Dalam otobiografinya, Khaldun melacak asa-usul keturunannya sampai ke zaman Nabi Muhammad melalui suku Arab dari Yaman, khususnya Hadhramaut, yang datang ke Semenanjung Iberia pada abad kedelapan pada awal penaklukan Islam. Dalam kata-katanya sendiri: "Dan leluhur kita adalah dari Hadhramaut, dari Arab Yaman, melalui Wa'il bin Hujr juga dikenal sebagai Hujr ibn 'Adi, yang terbaik dari kalangan orang-orang Arab, yang terkenal dan dihormati." (P. 2429, edisi Al-Waraq ini). Namun, penulis biografi Mohammad Enan mempertanyakan klaim ini, mengusulkan bahwa keluarganya mungkin dari Muladis yang berpura-pura mengaku keturunan Arab untuk mendapatkan status sosial. Enan juga menyebutkan tradisi masa lalu didokumentasikan dengan baik, mengenai kelompok Berber tertentu, dimana mereka memalsukan "memperluas" diri dengan beberapa keturunan Arab. Motif penemuan tersebut digunakan untuk keinginan atas kekuasaan politik dan sosial. Sebagian berspekulasi tentang keluarga Khaldun; mereka menjelaskan bahwa Ibnu Khaldun sendiri adalah produk dari keturunan Berber sama dengan mayoritas penduduk asli tempat kelahirannya.

Pendidikan

Kedudukan tinggi keluarganya memudahkan Ibn Khaldun untuk belajar dengan guru-guru terbaik di Maghreb. Dia menerima pendidikan Islam generasi awal, mempelajari Al-Qur'an dimana ia menghafalnya dengan hati, linguistik Arab, dasar untuk memahami Al-Qur'an dan hadits, Syariat Islam (hukum) dan fiqh (yurisprudensi). Ia menerima sertifikasi (ijazah) untuk semua mata pelajaran ini. Ahli matematika dan filsuf, Al-Abili dari Tlemcen, memperkenalkannya kepada matematika, logika dan filsafat, mempelajari karya-karya Averroes (ibnu Rusdy), Ibnu Sina, Razi dan Tusi. Pada usia 17 tahun, Ibn Khaldun kehilangan kedua orang tuanya terkena wabah Black Death, epidemi antarbenua dari wabah yang melanda Tunisia di 1348-1349.

Kontribusi dan Pengakuan

Ibn Khaldun pertama kali mendapat perhatian dunia Barat pada tahun 1697, ketika sebuah biografi tentang dia muncul dalam Barthélemy d'Herbelot de Molainville's Bibliothèque Orientale. Ibnu Khaldun mulai mendapatkan perhatian lebih sejak tahun 1806, ketika Silvestre de Sacy dalam Chrestomathie Arabe menyertakan biografinya bersama-sama dengan terjemahan Muqaddimah yang dikenal dengan Prolegomena. Pada 1816, de Sacy lagi-lagi menerbitkan biografi dengan penjelasan yang lebih rinci di Prolegomena. Biografi Lengkap dan terjemahan parsial Prolegomena muncul selama bertahun-tahun sampai edisi bahasa Arab lengkap diterbitkan pada tahun 1858, diikuti oleh terjemahan Perancis lengkap beberapa tahun kemudian oleh de Sacy. Sejak itu, karya Ibn Khaldun telah dipelajari secara ekstensif di dunia Barat dengan minat khusus.
  • Sejarawan Inggris Arnold J. Toynbee menyebut Muqaddimah "sebuah filsafat sejarah yang tidak diragukan lagi sebagai karya terbesar dari jenisnya yang belum pernah diciptakan oleh pikiran apapun dalam setiap waktu atau tempat."
  • Filsuf Inggris Robert Flint menulis hal berikut tentang Ibn Khaldun:. "Sebagai seorang ahli teori sejarah ia tidak setara dalam setiap usia atau negara sampai muncul Vico, yang muncul lebih dari tiga ratus tahun kemudian. Plato, Aristoteles, dan Agustinus saingannya, dan semua orang lain yang tidak layak disebutkan bersama dengan dia ".
  • Abderrahmane Lakhssassi menulis: "Tidak ada sejarawan dari Maghreb sejak dan khususnya dari Berber dapat melakukannya tanpa kontribusi historisnya."
  • The British filsuf-antropolog Ernest Gellner menanggapi definisi Ibn Khaldun dari bidang pemerintahan, " an institution which prevents injustice other than such as it commits itself", Muqaddimah adalah yang terbaik dalam sejarah teori politik.
  • Egon Orowan, yang memunculkan istilah konsep socionomy, dipengaruhi oleh ide-ide Ibnu Khaldun pada evolusi masyarakat.
  • Arthur Laffer, yang dikenal dengan kurva Laffer, mencatat bahwa, antara lain, beberapa ide Ibnu Khaldun mendahului dirinya sendiri.
  • Pada tahun 2004, Tunisia Community Center meluncurkan Penghargaan Ibnu Khaldun pertama untuk menghargai prestasi orang Tunisia atau orang Amerika yang karyanya mencerminkan ide-ide Ibnu Khaldun tentang kekeluargaan dan solidaritas. Penghargaan ini dinamai Ibnu Khaldun karena karyanya yang universal dan diakui sebagai Bapak Sosiologi dan juga untuk konvergensi ide-idenya dengan tujuan dan program organisasi.
  • Pada tahun 2006, Atlas Economic Research Foundation meluncurkan kontes esai tahunan untuk siswa dinamai dengan penghargaan Ibn Khaldun. Tema kontes adalah "bagaimana individu, think tank, universitas dan pengusaha dapat mempengaruhi kebijakan pemerintah untuk memungkinkan pasar bebas dapat berkembang dan meningkatkan kehidupan warganya berdasarkan ajaran dan tradisi Islam."
  • Pada tahun 2006, Spanyol memperingati 600 tahun wafatnya Ibnu Khaldun.

NB: Dari berbagai sumber

Post a Comment

Silahkan berkomentar bila ada yang tidak sesuai. Anda bisa mengusulkan artikel yang berhubungan dengan Sosiologi.