Sosiologi Pengetahuan
Sosial Sosiologi - Sosiologi pengetahuan adalah studi tentang hubungan antara pikiran manusia dan konteks sosial di mana ia muncul, dan efek ide-ide yang berlaku terhadap masyarakat. Ini bukan daerah khusus sosiologi melainkan berkaitan dengan pertanyaan yang luas mendasar tentang sejauh dan batas pengaruh sosial terhadap kehidupan individu dan dasar-dasar sosial-budaya dari pengetahuan kita tentang dunia.[1] Melengkapi sosiologi pengetahuan adalah sosiologi ketidaktahuan,[2] termasuk studi tentang ketidaktahuan, kebodohan, kesenjangan pengetahuan, atau non-pengetahuan sebagai fitur yang melekat pembuatan pengetahuan.[3][4][5]

Sosiologi pengetahuan dipelopori terutama oleh sosiolog Emile Durkheim pada awal abad ke-20. penawaran karyanya langsung dengan pemikiran bagaimana konseptual, bahasa, dan logika dapat dipengaruhi oleh lingkungan sosiologis dari mana mereka muncul. Dalam karya awal co-ditulis dengan Marcel Mauss, Klasifikasi Primitif, Durkheim dan Mauss mengambil studi mitologi "primitif" kelompok untuk berpendapat bahwa sistem klasifikasi secara kolektif berdasarkan dan bahwa divisi dengan sistem ini berasal dari kategori sosial.[6 ] Kemudian, Durkheim di The Elementary Forms of the Religious Life akan menjelaskan teorinya tentang pengetahuan, meneliti bagaimana bahasa dan konsep-konsep dan kategori (seperti ruang dan waktu) yang digunakan dalam pemikiran logis memiliki asal sosiologis. Sementara tidak Durkheim, atau Mauss, khusus diciptakan atau menggunakan istilah 'sosiologi pengetahuan', pekerjaan mereka adalah pertama kontribusi penting ke lapangan.

'Sosiologi pengetahuan' istilah tertentu dikatakan telah digunakan secara luas sejak tahun 1920-an, ketika sejumlah sosiolog berbahasa Jerman, terutama Max Scheler dan Karl Mannheim, menulis secara ekstensif pada aspek sosiologis pengetahuan.[7] Dengan dominasi fungsionalisme selama bertahun-tahun pertengahan abad ke-20, sosiologi pengetahuan cenderung tetap di pinggiran pemikiran sosiologis mainstream. Ini sebagian besar diciptakan kembali dan diterapkan lebih erat dengan kehidupan sehari-hari di tahun 1960, terutama oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckmann di The Social Construction of Reality (1966) dan masih pusat untuk metode berurusan dengan pemahaman kualitatif masyarakat manusia (bandingkan sosial dibangun realitas). Studi 'silsilah' dan 'arkeologi' dari Michel Foucault adalah pengaruh kontemporer yang cukup.

Sumber:
  1. "Sociology 3523: Sociology of Knowledge". St. Thomas University.
  2. The Sociology of Ignorance [sociologyofignorance . com]
  3. Beck, Ulrich; Wehling, Peter (2012). Rubio, F.D.; Baert, P., eds. The politics of non-knowing: An emerging area of social and political conflict in reflexive modernity. New York: Routledge. pp. 33–57. ISBN 0415497108.
  4. Gross, Matthias (2010). Ignorance and Surprise: Science, Society, and Ecological Design. Cambridge, MA: MIT Press. ISBN 9780262013482.
  5. Moore, Wilbert; Tumin, Melvin (1949). "Some social functions of ignorance". American Sociological Review 14 (6): 787–796. doi:10.2307/2086681.
  6. Durkheim, Emile, and Marcel Mauss. (1963). Primitive classification. Chicago: University of Chicago Press.
  7. Max Scheler (ed.). Versuche zu einer Soziologie des Wissens. München und Leipzig: Duncker & Humblot, 1924. Karl Mannheim. Ideology and utopia: an introduction to the sociology of knowledge. Translated by Louis Wirth and Edward Shils. New York: Harcourt, Brace and Company; London: Kegan Paul, Trench, Trubner & Co., 1936.

Post a Comment

Silahkan berkomentar bila ada yang tidak sesuai. Anda bisa mengusulkan artikel yang berhubungan dengan Sosiologi.