Sosiologi adalah bidang ilmu yang mempelajari perilaku dan hubungan sosial manusia. Dalam sosiologi, masyarakat dipandang sebagai objek utama yang diteliti dan dianalisis. Sosiologi memiliki beberapa konsep penting tentang masyarakat, sejarah perkembangan yang panjang, dan karakteristik yang membedakannya dari bidang ilmu lain.


Batasan sosiologi dapat ditemukan dalam pengertian sosiologi sebagai suatu bidang ilmu yang mempelajari perilaku dan hubungan sosial manusia dalam masyarakat. Menurut Soekanto (2009), sosiologi memfokuskan pada perilaku dan hubungan sosial yang berkaitan dengan tiga hal: pengembangan individu, interaksi sosial, dan struktur sosial. Sosiologi memiliki ruang lingkup yang luas, meliputi berbagai aspek masyarakat seperti kebudayaan, pemerintahan, pendidikan, ekonomi, dan lain-lain.


Sejarah perkembangan sosiologi memiliki sejarah panjang yang dimulai dengan filsuf-filsuf Yunani seperti Aristotle dan Plato. Namun, sosiologi sebagai bidang ilmu yang terpisah baru muncul pada abad ke-19, dengan Auguste Comte sebagai salah satu tokoh awal yang mempopulerkan sosiologi. Perkembangan sosiologi terus berlanjut hingga saat ini, dengan banyak tokoh dan teori yang dikembangkan dan mempengaruhi pemikiran sosiologi.


Karakteristik sosiologi membedakannya dari bidang ilmu lain. Sosiologi memiliki karakteristik sebagai ilmu yang bersifat ilmiah, objektif, dan sistematis. Sosiologi juga memiliki pemahaman tentang hubungan antar individu dan masyarakat, serta mempelajari perilaku dan hubungan sosial secara komprehensif.


Berdasarkan sumber-sumber tersebut, dapat disimpulkan bahwa sosiologi memiliki batasan dan ruang lingkup yang luas, memiliki sejarah panjang dan karakteristik yang membedakannya dari bidang ilmu lain. Sosiologi memiliki konsep penting tentang masyarakat, mempelajari perilaku dan hubungan sosial manusia secara komprehensif, dan menggunakan pendekatan ilmiah dan objektif dalam melakukan penelitian dan analisis.


Baca Juga:

Sumber rujukan:

  1. Soekanto, Soerjono. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar, Edisi Baru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  2. Anthony Giddens. 1997. Sociology. Cambridge: Polity Press
  3. Elly M. Setiadi dan Usman Kolip. 2010. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
  4. Hagedorn, Robert. 1990. Sociology. Toronto: Holt, Rinehart and Winston of Canada
  5. Hamid, Syafri.1993. Asas-Asas Sosiologi: Suatu Bahasa Teoritik dan Sistematis. Bandung: Fakultas Hukum UNISBA
  6. Johnson, Doyle Paul. 1994. Teori Sosiologi Klasik dan Modern (Jilid 1 dan 2). Jakarta: Gramedia.
  7. Sanderson, Stephen K. 1993. Sosiologi Makro. Jakarta: Rajawali Press.
  8. Schoorl, J.W. 1991. Modernisasi. Jakarta: Gramedia.
  9. Soekanto, Soerjono. 1982. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
  10. Soekanto, Soerjono. 1982. Memperkenalkan Sosiologi. Jakarta: PT. Rajawali.
  11. Soekanto, Soerjono. 1983. Pribadi dan Masyarakat. Bandung: Alumni.
  12. Soesanto, Astrid S. 1983. Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial. Jakarta: Binacipta.
  13. Veeger, K.J. (TT). Realitas Sosial. Jakarta: Gramedia

Post a Comment

Silahkan berkomentar bila ada yang tidak sesuai. Anda bisa mengusulkan artikel yang berhubungan dengan Sosiologi.