Auguste Comte

Nama panjang Auguste Comte adalah Isidore Marie Auguste François Xavier Comte, dilahirkan di Perancis kota Montpellier pada tanggal 17 Januari 1798, wafat pada umur 59 di Paris Perancis pada tanggal 5 September 1857. Auguste Comte adalah seorang filsuf dari Perancis yang mashur karena memperkenalkan bidang ilmu sosiologi serta aliran positivisme. Berbekal prinsip positivismenya, Comte membangun dasar yang digunakan oleh akademisi saat ini yaitu pengaplikasian metode ilmiah dalam ilmu sosial sebagai sarana dalam memperoleh kebenaran.
Auguste Comte

Auguste Comte lahir dan besar di Montpellier, kota kecil yang terletak di barat daya negara Perancis. Selesai sekolah di Montpellier, ia melanjutkan pendidikannya di École Polytechnique di kota Paris. École Polytechnique waktu itu terkenal dengan kesetiaannya pada filosofi proses dan idealis republikanisme. Tahun 1818 politeknik ini ditutup untuk re-organisasi. Comte lalu meninggalkan École kemudian melanjutkan studinya di sekolah kedokteran di Montpellier.

Dengan pengamatannya yang tajam, Comte melihat ada perbedaan yang mencolok antara agama Katolik yang dianutnya dengan pemikiran keluarga monarki yang berkuasa sehingga ia terpaksa bertolak dari Paris. Auguste Comte kemudian menjadi murid sekaligus sekretaris dari Claude Henri de Rouvroy pada bulan Agustus 1817 , Comte de Saint-Simon, yang selanjutnya membawa Comte masuk ke dalam suasana intelek. Comte lagi-lagi merasa tidak cocok dengan hubungannya yang akhirnya ia meninggalkan Saint-Simon pada tahun 1824, .

Saat itu juga, Comte sadar apa yang ia harus lakukan selanjutnya: meneliti tentang filosofi positivisme. Niatnya ini yang kemudian disebarluaskan menggunakan nama Plan de travaux scientifiques nécessaires pour réorganiser la société yang artinya Rencana studi ilmiah untuk pengaturan kembali masyarakat) pada tahun 1822. Sayang ia gagal mendapatkan tempat di lingkungan akademis sehingga menghambat penelitiannya. Penelitian dan kehidupannya kemudian bergantung pada sponsor dan bantuan finansial dari beberapa temannya.

Ia kemudian menikahi seorang gadis yang bernama Caroline Massin. Auguste Comte terkenal arogan, mudah marah dan kejam sehingga dia dibawa ke sebuah rumah sakit jiwa pada tahun 1826, namun ia bisa kabur sebelum sembuh. Setelah Massin menstabilkan kondisinya, Comte memulai lagi mengerjakan apa yang dulu pernah ia rencanakan. Sangat disayangkan, pada tahun 1842 ia cerai dengan Massin dengan alasan yang tidak diketahui. Waktu antara pengerjaan kembali rencananya sampai pada saat cerainya, Auguste Comte mempublikasikan buku karangannya yang berjudul Le Cours de Philosophie Positivistic.

Comte menjalin kasih dengan Clotilde de Vaux pada tahun 1844, dalam hubungan yang tetap platonis. Kisah cinta ini menjadi quasi-religius Pada tahun 1844. Comte, yang merasa dirinya sebagai seorang penemu sekaligus seorang nabi dari ajaran "agama kemanusiaan" (religion of humanity), kembali menerbitkan buku yang berjudul Système de politique positive antara tahun 1851 sampai 1854.

Kemudian dia wafat di kota Paris pada tanggal 5 September 1857 dan dikebumikan di Cimetière du Père Lachaise dengan meninggalkan definisi sosiologi buah dari pemikirannya.

Related Posts

Auguste Comte
4/ 5
Oleh

Bila Anda suka artikel ini, mohon tinggalkan KOMENTAR, SHARE dan di tunggu KUNJUNGAN BERIKUTNYA. Regards