Definisi sosiologi
Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang memiliki arti teman atau kawan, dan Logos memiliki arti ilmu pengetahuan. Permulaan definisi sosiologi ini dipublikasikan dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive" yang di tulis oleh Auguste Comte {1798-1857}. Pada umumnya sosiologi lebih dipahami sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.

Masyarakat adalah kumpulan individu yang memiliki hubungan, kepentingan bersama dan budaya. Sosiologi bertujuan mempelajari perilaku sosial masyarakat kegiatan masyarakat itu sendiri dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya. Sosiologi merupakan pengetahuan tentang masyarakat yang tumbuh dari hasil pemikiran ilmiah yang bisa dikontrol secara kritis oleh orang lain. Kelompok atau masyarakat tersebut terdiri atas keluarga, negara, suku bangsa dan berbagai organisasi sosial, politik dan ekonomi.

Sosiologi adalah studi ilmiah tentang perilaku sosial manusia dan organisasi, asal-usulnya, lembaga dan pembinaan. Sosiologi adalah ilmu sosial, yang memakai bermacam metode penyelidikan empiris dan analisis kritis untuk menambah pengetahuan tentang kegiatan sosial manusia. Banyak sosiolog yang menyatakan, tujuan sosiologi adalah untuk mengadakan penelitian, yang bisa diterapkan secara langsung pada kebijakan sosial dan kesejahteraan, sedangkan sosiolog yang lain tetap fokus terutama pada memperbaiki pemahaman teoritis proses sosial. Subyek berkisar pada level mikro dari setiap instansi dan interaksi ke tingkat makro dari sistem dan struktur sosial.

Sosiologi tradisional memfokuskan pada stratifikasi sosial dan mobilitas sosial serta kelas sosial, agama, budaya, hukum, sekularisasi dan penyimpangan. Sebab segala aspek kegiatan manusia dipengaruhi oleh interaksi antara lembaga individual dan struktur sosial, sosiologi sedikit demi sedikit memperlebar fokus ke studi berikutnya, seperti lembaga medis, kesehatan, pidana, militer, Internet, dan peran kegiatan sosial pada pengembangan pengetahuan ilmiah.

Berbagai metode ilmiah sosial juga sudah luaskan. Peneliti sosial menggunakan berbagai tehnik arti kualitatif dan kuantitatif. Pergantian budaya dan linguistik dari pertengahan abad kedua puluh menyebabkan pendekatan semakin hermeneutik, interpretatif, dan filosofis dengan analisis masyarakat. Sedangkan, beberapa dekade terakhir telah terlihat munculnya pemutakhiran matematis, analitis, dan teknik ketat komputasi, seperti analisis jaringan sosial dan agen berbasis pemodelan. Sosiologi jangan disalahartikan dengan bermacam kursus umum ilmu-ilmu sosial yang tidak berkaitan dengan teori sosiologi atau metodologi penelitian ilmu sosial.

Definisi arti Sosiologi menurut para ahli sosiologi seperti berikut ini:

Allan Jhonson
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut memengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya memengaruhi sistem tersebut.

Emile Durkheim
Sosiologi adalah studi yang mempelajari tentang fakta sosial.

Goerge Simmel
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang akan mempelajari tentang hubungan atau interaksi sesama manusia.

Herbert Spencer
Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang susunan dan proses di kehidupan sosial sebagai suatu sistem atau keseluruhan.

J.Gillin
Sosiologi juga adalah ilmu yang kurang lebih mempelajari interaksi yang muncul di dalam masyarakat.

J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

Max Weber
Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.


Mr. J Bierens De Haan
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mana ilmu tersebut mempelajari tentang manusia dan hakekatnya, susunannya, hubungannya, kodratnya dan segala perkembangan masyarakatnya.

P.J. Baouman
Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan tentang kehidupan manusia dan hubungannya sesama golongan manusia.

Paul B. Horton
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.


Pitirim Sorokin
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral), sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.

Roucek dan Warren
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.

Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi
Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.


Soejono Soekanto
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

William Kornblum
Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.



William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf
Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial. Atau penelitian yang berlangsung secara ilmiah yang fokus telitinya adalah interaksi sosial dan hasilnya.

6 Comments

Silahkan berkomentar bila ada yang tidak sesuai. Anda bisa mengusulkan artikel yang berhubungan dengan Sosiologi.

  1. mantab gan artikelnya ... makasih infonya

    ReplyDelete
  2. Izin bertanya gan..
    Menurut soejono soekarno, sosiologi merupakan ilmu yang memusatkan perhatian pada segi masyarakat yg bersifat umum dan berusaha memperoleh pola umum dari kehidupan masyarakat itu..
    Dari segi segi apa dan pola seperti apa yg di dapat gan..?

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berkomentar bila ada yang tidak sesuai. Anda bisa mengusulkan artikel yang berhubungan dengan Sosiologi.