Sosial Sosiologi - Zen Mohammad Kassim, polisi wanita dari Perth, Australia tersebut berpenampilan cukup berbeda dari rekan-rekannya sesama penegak hukum. Dilansir dari ABC News, Kamis (24/3), dia adalah anggota kepolisian Australia berhijab. Sebelumnya Kassim bekerja sebagai anggota kepolisian Singapura.

Pada tahun 2007, setelah 18 tahun bekerja di Singapura, dia pindah ke Australia bagian barat dalam rekrutmen oleh pihak kepolisian negeri kangguru itu. "Orang-orang di sekitar saya dulu tampak serupa dengan saya, tetapi di sini saya sangat berbeda," kata Kassim, tentang keberadaannya di negara dengan warga mayoritas keturunan Kaukasian itu.

Tugas Kassim di Perth yaitu berurusan dengan para migran, menjembatani berbagai kebudayaan yang dibawa oleh para pendatang di negeri tersebut. Kassim selalu menemui imigran atau pengungsi yang baru tiba di Perth untuk meyakinkan mereka membangun kepercayaan dengan kepolisian setempat. Banyak penduduk migran yang takut dengan polisi karena kebanyakan dari negara mereka berasal polisi bertindak agresif dan sulit untuk didekati, tuturnya.

"Saya menjelaskan pada komunitas multikultural bahwa polisi di sini bersahabat, dan kami tulus membantu mereka, dan kami bersahabat," katanya. "Saya katakan pada mereka, 'Anda bisa mendatangi kantor polisi manapun atau menelepon polisi dan mereka akan membantu'."

Kassim yakin, caranya mendekati imigran menciptakan perbedaan yang nyata. Saat ini lebih banyak wanita migran yang mau terbuka melaporkan segala insiden kekerasan dalam rumah tangga yang mereka alami. Namun ia merasa pihak kepolisian masih harus menambah personil kepolisian dari berbagai latar belakang budaya berbeda.

Berkat kerja kerasnya sendiri menyatukan masyarakat multikultural, Kassim mendapat Penghargaan Multikultural Australia Barat. Dia mengingatkan pula, dengan ditambahnya petugas polisi dari berbagai latar belakang, maka masyarakat akan lebih menerima perbedaan.

Sumber: http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/16/03/29/o4ryh3313-cara-dakwah-polwan-berhijab-australia

Post a Comment

Silahkan berkomentar bila ada yang tidak sesuai. Anda bisa mengusulkan artikel yang berhubungan dengan Sosiologi.